728x90 AdSpace

Powered by Blogger.
  • Latest News

    Tuesday, November 21, 2023

    Hasil Survei Elektabilitas Anies-Cak Imin Melejit Pengamat: Dapat Limpahan Suara Prabowo dan Ganjar Berita dari Rita Noor Shobah



    TRIBUNKALTIM.CO - Hasil survei elektabilitas Anies-Cak Imin melejit, Pengamat: Dapat limpahan suara Prabowo dan Ganjar. Elektabilitas pasangan capres cawapres Anies-Cak Imin menjadi sorotan Di hasil survei yang dirilis lembaga survei Indonesia, elektabilitas Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar selalu di nomor tiga.
    Dalam simulasi tiga nama capres, elektabilitas Prabowo Subianto meraih 36,2 persen, Anies Baswedan 34,1 persen, dan terakhir Ganjar Pranowo 27,1 persen.

    Survei IPO berskala nasional itu berlangsung pada 10-17 November 2023.

    Yakni dengan jumlah responden 1.400 orang dengan metode wawancara tatap muka dengan tingkat kesalahan (margin of error/MoE) 2,5 persen, tingkat akurasi data 95 persen.

    Pengamat komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong, Ambang Priyonggo mengemukakan hasil survei IPO.

    Dimana menunjukkan lonjakan elektabilitas pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Imin atau Cak Imin itu tidak mengherankan.

    "Lonjakan elektabilitas pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Gus Muhaimin Iskandar itu tidak mengherankan, seperti tergambar dalam survei IPO baru-baru ini,” ujar Ambang Priyonggo, Selasa (21/11/2023).

    "Saya kira ada dua faktor penyebab pasangan AMIN melesat saat ini. Pertama AMIN saat ini mendapatkan limpahan suara kelompok pendukung Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, terutama kelompok Islam yang saat ini cenderung mencari pasangan alternatif."

    "Mereka melihat apa yang terjadi dengan konstelasi politik nasional saat ini, dan membuat mereka berpaling kepada AMIN" ujar dosen Media dan Politik.

    Kedua, terang pria yang meraih gelar doktor Ilmu Komunikasi dari University of Malaya, Malaysia, AMIN merupakan pasangan paling pertama yang definitif.

    "AMIN pasangan paling pertama yang definitif. Jadi AMIN diuntungkan untuk bisa bergerak lebih awal dalam memperkenalkan program (visi-misi), safari politik ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi mereka ini pasangan yang sudah solid paling pertama" ucap dia.


    Survei IPO menunjukkan adanya lonjakan elektabilitas pasangan Capres Anies Baswedan dan Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Imin atau Cak Imin. Foto: Capres Anies Baswedan (kiri) dan Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama usai melaksanakan jumpa pers di Rumah Tim Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). (Wartakotalive/Yulianto)© Disediakan oleh TribunKaltim.co

    Pada survei lainnya, hasil dari dua lembaga survei internasional berbeda justru menunjukkan posisi pasangan AMIN masih sangat kompetitif terhadap dua kandidat lainnya.

    Lembaga survei dunia asal Perancis Ipsos Public Affair mengungkap elektabilitas AMIN dalam survei yang berlangsung pada 17-19 Oktober 2023 berada di 28,91 persen.

    Angka elektabilitas Anies-Muhaimin berbeda tipis dengan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mencapai 31,32 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 31,98 persen.

    Sebelumnya, pada Juli 2023, berdasarkan survei lembaga riset berbeda berbasis di Australia, Utting Research, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 34 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 33 persen dan Anies Baswedan 27 persen.

    Baca juga: Anies dan Cak Imin Dapat Restu Ijtima Ulama? Capres Nasdem tak Takut Dilabel Politik Identitas

    Selisih angka antara tiga paslon masih dalam batas margin of error, sehingga persaingan antara ketiga paslon masih ketat, dengan tren AMIN terus meningkat dari waktu ke waktu.

    Juru Bicara Anies Baswedan Indra Charismiadji mengungkapkan relawan sangat bersemangat mengetahui hasil survei AMIN terus mengalami kenaikan dan menempel ketat kedua paslon lainnya.

    "Pertama, ini adalah hal yang patut disyukuri. Artinya kerja-kerja kami tim AMIN didukung partai koalisi dan segenap simpul relawan telah mengangkat elektabilitas pasangan AMIN menjadi setara dengan pasangan bacapres bacawapres lain" ujar Indra, Jumat (10/11/2023).

    “Yang kedua, hal ini menjadi penyemangat kami untuk bekerja lebih giat dan lebih smart lagi dalam 100 hari ke depan untuk memenangkan pasangan AMIN dalam pilpres. Ibaratnya, kita sudah melihat cahaya di ujung terowongan,” tandasnya.

    Tokoh pendidikan ini pun yakin reputasi dua lembaga survei internasional berbeda yang menempatkan posisi AMIN head to head dengan kandidat lain lebih kredibel daripada survei yang sekadar dimanfaatkan untuk penggiringan opini dan berusaha menghasilkan bandwagon effect dalam teori ilmu komunikasi.

    “Yang ketiga, kalau melihat dari reputasi dunia dari lembaga survei Ipsos yang asal Perancis ini sepertinya hasilnya lebih bisa dipertanggungjawabkan dan bebas dari kepentingan salah satu kubu," katanya.

    Baca juga: Survei Elektabilitas Capres Cawapres 2024, Cek 7 Perbedaan Hasil Lembaga Survei, Prabowo Dominan?

    "Dengan kata lain lebih netral. Jadi intinya akan menjadi sebuah rujukan yang kredibel untuk semuanya,” imbuh Indra.

    Secara terpisah, pengamat komunikasi politik Dr. Dhimam Abror Djuraid mengemukakan dua survei berbeda oleh Ipsos Public Affair Perancis dan Utting Research Australia menunjukkan bahwa kekuatan tiga paslon bacapres dan bacawapres memang berimbang.

    “Empat bulan lalu kita juga disodori hasil riset dari Utting Research Australia. Waktu itu Anies belum ada pasangan," ucapnya.

    "Hasil survei Ipsos Public Affair Perancis dan Utting Research Australia ini membuka mata publik, bahwa hasilnya sangat berbeda dengan surepay. Saya menyebutnya di Indonesia ini surepay. JJadi pasti dibayar,” tandasnya. (*)



    Mellieha 2023 - All Inclusive - Invia - největší výběr zájezdů - Zájezdy Mellieha s Inviasekali angkanya sangat jauh dari Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

    Baca juga: Terbaru Survei Elektabilitas Capres Cawapres 2024, Anies-Cak Imin tak Pernah Tembus Angka 25 Persen

    Baca juga: Deretan Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru November, Ada yang Lemahkan Anies-Cak Imin?

    Baca juga: Capres Cawapres 2024 Terkuat Versi 7 Hasil Survei Elektabilitas Terbaru di November 2023

    Terbaru, elektabilitas pasangan capres cawapres berjuluk AMIN ini melejit cukup signifikan.

    Dan dari hasil survei lembaga survei asing, elektabilitas AMIN hanya selisih tipis dari dua kandidat lainnya.

    Elektabilitas AMIN masih kompetitif.

    Berikut ini hasil survei 3 lembaga terbaru.

    Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) 2024.

    Capres Anies Baswedan melejit ke posisi kedua dalam survei yang dirilis Senin (20/11/2023).








    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hasil Survei Elektabilitas Anies-Cak Imin Melejit Pengamat: Dapat Limpahan Suara Prabowo dan Ganjar Berita dari Rita Noor Shobah Rating: 5 Reviewed By: Jass

    Popular Posts

    Featured Post

    Record Muhaimin Iskandar

      MUHAIMIN ISKANDAR Berpengalaman dan aktif dalam dunia politik menjadi  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (2005—sekarang). Menjalankan a...

    Search This Blog

    Scroll to Top